Friday, June 5, 2020

Penggunaan Media Blok Dienes dalam Penjumlahan - Matematika SD


PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOK DIENES

Penjumlahan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Matematika yang selalu ada di segala jenjang pendidikan. namun bagaimana cara kita sebagai pendidik untuk mengajarkan kepada siswa materi penjumlahan agar siswa dapat memahami materi tersebut dengan mudah dan juga dengan cara yang menyenangkan ? Berikut saya akan membagikan salah satu cara mengajarkan penjumlahan bilangan 3 angka yaitu ratusan, puluhan dan satuan dengan menggunakan media blok dienes.
Sebelum kita ke pembahasan, yuk kita bahas sedikit mengenai apa itu Blok Dienes.
Blok Dienes merupakan alat peraga yang dikembangkan oleh Zoltan P.Dienes yang bertujuan untuk memahami konsep dasar bilangan dan nilai tempat untuk berbagai bilangan dasar. Bentuk model dienes ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan kayu kegunaan alat peraga ini berfungsi untuk mengajarkan konsep atau pengertian tentang banyak benda, membandingkan dan mengurutkan banyak benda, nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan dan ribuan ) serta operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sesuai jenjang kelas.



https://3.bp.blogspot.com/


       Berikut adalah tahapan kegiatan dalam mengajarkan materi penjumlahan bilangan tiga angka       (ratusan, puluhan, satuan) dengan menggunakan blok dienes.

1.    Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan cara memberitahu siswa bahwa kita akan mempelajari penjumlahan dengan bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
2.    Yang kedua adalah dengan me-review ulang tentang penjumlahan yang sudah pernah dipelajari.
3.    Memperkenalkan nilai tempat kepada siswa.
4.    Memberikan soal penjumlahan, kita ambil contoh 357 + 546 =
5. Mengenalkan media blok dienes kepada siswa.


-          Blok dienes berwarna biru mewakili nilai tempat ratusan, dan blok ratusan berwarna biru terdiri dari 100 blok kecil yang dapat dipisahkan.
-          Blok dienes berwarna hijau mewakili nilai tempat puluhan, blok puluhan berwarna hijau terdiri dari 10 blok kecil yang dapat dipisahkan.
-          Blok dienes berwarna kuning mewakili nilai tempat satuan, dan blok satuan berwana kuning terdiri satu blok kecil yang dapat digabungkan sesuai jumlah yang diinginkan.
6. Menjelaskan tentang nilai tempat
7. Menagajarkan penjumlahan 357 + 546 = ... dengan menggunakan media blok dienes.
- Menyusun bilangan 357 dengan menggunakan blok dienes.



-  Menyusun bilangan 546 dengan menggunaka blok dienes
 -   Menjumlahkan 357 + 546, Mengelompokkan blok dienes berdasarkan nilai tempat/ sesuai dengan warna yang mewakili nilai tempat.
=
blok dienes berwarna biru yaitu 3 blok biru + 5 blok biru = 8 blok biru = 800
                - Menghitung keseluruhan jumlah blok dienes

8 blok biru =800


9 blok hijau = 90

13 buah blok kuning = 10 + 3

= 8 blok ratusan + 9 blok puluhan + 10 blok satuan + 3 blok satuan
= 800 + 90 + 10 + 3
= 800 + 100 + 3
= 900 + 3
+ 903

    8. Menyimpulkan penjumlahan.
-          Jadi 357 + 546 = 903
( jika tidak memiliki blok dienes guru bisa mengajak siswa untuk membuat tiruan blok dienes menggunakan kertas berpetah yang dibuat menjadi ratusan, puluhan dan satuan, siswa dapat memeberi warna yang di inginkan, hal ini memanfaatkan cara education thorugh art dimana siswa diajak membuat media belajar sendiri dengan menggunakan seni/ prakarya yaitu menggunting sesuai jumlah ratusan, puluha dan satuan lalu mewarnainya)

Sekian. Sedikit yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, tunggu postingan selanjutnya ya...

No comments:

Post a Comment