Tuesday, June 9, 2020

Konsep Pembelajaran Inovatif - Youreducorner

Pembelajaran Invovatif

Pendidikan Pintu Perubahan: 4 Kategori Model Pembelajaran Inovatif

        Aktifitas pembelajaran merupakan kegiatan inti dalam proses pendidikan, dan guru merupakan salah satu kunci yang utama dalam perkembangan di dunia pendidikan. Dewasa ini seiring dengan perkembangan jaman dan juga perkembangan diri siswa maka perlu diadakannya pembelajaran yang inovatif agar siswa lebih memahami pembelajaran dengan baik dan semakin antusias dalam mengikuti pembelajaran yang nantinya akan mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.
        Untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum harus menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran yang inovatif adalah model pembelajaran yang berdasarkan teori pembelajaran kognitif yang salah satunya adalah pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Pembelajaran yang inovatif memusatkan kepada berfikir, dan laju perkembangan berfikir sangat bergantung kepada seberapa jauh anak aktif dan kreatif memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, dalam pembelajaran inovatif tersebut guru harus menyiapkan segala fasilitas yang memungkinkan siswa dapat aktif, kreatif, efekif dan senang dalam menemukan sendiri pengetahuan dengan melakukan kegiatan-kegiatan.
Kreatif yang dimaksud adalah guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkatan kemampuan siswa. Berpikir kreatif merupakan ciri yang khas dari proses belajar.
 
A.  Pengertian pembelajaran inovatif

        Kata “inovatif” berasal dari kata sifat bahasa Inggris inovative. Kata ini berakar dari kata kerja to innovate yang mempunyai arti menemukan (sesuatu yang baru). Oleh karena itu, pembelajaran inovatif dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dirancang oleh guru, yang sifatnya baru, tidak seperti yang biasanya dilakukan, dan bertujuan untuk menfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perubahan perilaku ke arah yang lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa.

Dalam konteks program belajar mengajar, program pembelajaran yang inovatif dapat berarti program yang dibuat sebagai upaya mencari pemecahan suatu masalah. Itu disebabkan, karena program pembelajaran tersebut belum pernah dilakukan atau program pembelajaran yang sejenis sedang dijalankan akan tetapi perlu perbaikan. Program pembelajaran inovatif adalah program pembelajaran yang langsung memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh kelas berdasarkan kondisi kelas. Pada gilirannya program pembelajaran tersebut akan memberi sumbangan terhadap usaha peningkatan mutu sekolah secara keseluruhan.

Rogers dan Shoemaker (1971) mengartikan inovasi sebagai ide-ide baru, praktek-praktek baru, atau objek-objek yang dapat dirasakan sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau peserta didik. Pengertian baru disini mengandung makna bukan sekadar baru diketahui oleh pikiran (cognitife), melainkan juga baru karena belum dapat diterima secara luas oleh seluruh peserta didik dalam arti sikap (attitude) dan juga baru dalam pengertian belum diterima dan diterapkan oleh peserta didik.Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang dikemas oleh pebelajar atas dorongan gagasan barunya yang merupakan produk dari learning how to learn untuk melakukan langkah-langkah belajar, sehingga memperoleh kemajuan hasil belajar.

Secara garis besar, pembelajaran inovatif dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa
3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’
4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
5. Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.
 

 B.  Konsep Pembelajaran Inovatif

        Pembelajaran  inovatif adalah pembelajaran yang dikemas oleh pebelajar atas dorongan gagasan barunya yang merupakan produk dari learning how to learn untuk melakukan langkah-langkah belajar, sehingga memperoleh kemajuan hasil belajar.  Dalam konteks program belajar mengajar, program pembelajaran  yang inovatif dapat berarti program yang dibuat sebagai upaya  mencari pemecahan suatu masalah. Itu disebabkan, karena program  pembelajaran tersebut belum pernah dilakukan atau  program pembelajaran yang sejenis sedang dijalankan akan tetapi  perlu perbaikan. Program pembelajaran yang sifatnya memperbaiki program pembelajaran sebelumnya yang tidak memuaskan, hasilnya dapat digolongkan inovatif karena mencoba untuk memecahkan masalah yang belum terpecahkan.Secara garis besar bahwa program pembelajaran inovatif adalah program pembelajaran yang langsung memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh kelas berdasarkan kondisi kelas. Pada gilirannya program pembelajaran tersebut akan memberi sumbangan terhadap usaha peningkatan mutu sekolah secara keseluruhan.

C. Model Pembelajaran Inovatif
 
Macam-macam model pembelajarn yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran sehari-hari adalah sebagai berikut:
 

1. Model Pembelajaran Kooperatif

2. Model Pembelajaran Think Pair Share

3. Model Pembelajaran Discovery Learning

4. Model Pembelajaran Snowball Throwing

5. Model Pembelajaran Talking Stick

6. Model Pembelajaran Problem Solving

7. Model Pembelajaran K13

8. Model Pembelajaran Teknik Role Playing

9. Teaching Factory

10. Examples Non Examples

11. Model Pembelajaran Langsung

12. Model Pembelajaran Kontekstual CTL (Contextual Teaching and Learning)

13. Model Pembelajaran Inquiry

14. Model Pembelajaran NHT

15. Model Pembelajaran STAD

16. Model Pembelajaran Jigsaw

17. Model Pembelajaran Make A Match

18. Model Pembelajaran Mind Mapping

19. Model Pembelajaran Picture And Picture

20. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)

21. Model Pembelajaran Problem Based Learning

22. Pembelajaran Abad 21


Terimakasih teman-teman semuanya, tunggu postingan selanjutnya dan selengkanya ya 
 
 
 
 

1 comment: